Beranda Development & IT Wireshark

Wireshark

Diperbarui - 11 Mei 2020

Wireshark merupakan aplikasi canggih yang dapat digunakan untuk menganalisa protokol jaringan, termasuk mencegat lalu lintas, memonitor paket data yang dikirim maupun diterima, menganalisa masalah jaringan, menyelidiki aktivitas yang mencurigakan dan lain sebagainya.

Tidak bisa dipungkiri, sebagian besar komputer yang terhubung ke internet memang rentang terhadap serangan hacker dan infeksi virus maupun malware yang berbahaya.

Selain bisa dicegah dan dibersihkan menggunakan antivirus, pengguna juga dapat menggunakan aplikasi analisis jaringan untuk mengidentifikasi dan memblokir paket berbahaya yang dikirim melalui jaringan.

Nah salah satu aplikasi populer yang biasa digunakan untuk menganalisa jaringan adalah Wireshark. Pasalnya, aplikasi yang bersifat open-source ini hadir dengan beragam fitur canggih yang dapat memudahkan Anda dalam proses analisa.

Selain itu, aplikasi ini juga hadir dengan antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan, jadi tak heran jika aplikasi ini menjadi pilihan banyak orang terutama administrator jaringan.

Keunggulan Wireshark

Sebetulnya ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk menganalisis protokol jaringan, akan tetapi Wireshark biasanya menjadi pilihan banyak orang. Berikut ini beberapa keunggulan Wireshark yang perlu Anda ketahui:

1. Pengaturan Paket yang Dapat Disesuaikan: Ketika menggunakan Wireshark di komputer, Anda dapat menggunakan beragam jenis plugin dan ekstensi mulai dari plugin Dissector, SNMP MIBs, Meta Analysis, Tracing Engine dan lain sebagainya.

2. Sesuaikan Filter untuk Menangkap Lalu Lintas Jaringan Tertentu: Apabila Anda menggunakan lebih dari satu kartu jaringan, Wireshark juga dapat diatur supaya menangkap lalu lintas pada kartu jaringan tertentu saja.

Setelah proses capture jaringan selesai, Anda dapat memonitor semua koneksi secara terperinci, selain itu Anda juga dapat membuat filter untuk menganalisa koneksi tertentu saja.

3. Atur Warna untuk Jenis Paket Tertentu: Salah satu cara yang paling mudah untuk memastikan bahwa Anda memantau jenis paket yang sesuai dengan yang Anda inginkan adalah dengan menerapkan skema warna ke setiap jenis koneksi, sehingga jenis paket tersebut akan terlihat jelas daripada yang lain.

Ada banyak template warna yang disematkan di dalam aplikasi ini, akan tetapi jika Anda kurang puas dengan template yang disediakan, Anda juga dapat memilih warna dan string sendiri sesuai dengan keinginan Anda.

Tidak hanya itu saja, Wireshark juga dibekali dengan fitur statistik yang dapat digunakan untuk menghasilkan laporan untuk dianalisis di lain waktu.

4. Multi-platform: Wireshark tidak hanya tersedia untuk Windows saja, akan tetapi aplikasi ini juga tersedia untuk Linux, macOS, Solaris, NetBSD, FreeBSD dan lain sebagainya.

5. Mendukung Berbagai Format File: Selain hadir dengan fitur canggih, Wireshark juga mendukung berbagai format file capture, mulai dari tcpdump, Microsoft Network Monitor, RADCOM WAN/LAN Analyzer, Sniffer Pro, NetXray, Cisco Secure IDS iplog dan lain sebagainya.

6. Mendukung Dekripsi untuk Banyak Protokol: Wireshark juga mendukung banyak protokol jaringan mulai dari WPA/WPA2, SSL/TLS, WEP, Kerberos, IPsec, ISAKMP, SNMPv3 dan lain sebagainya.

7. Baca Data secara Langsung: Data yang berhasil di capture dapat dibaca secara langsung dari ethernet, Bluetooh, Token Ring, FDDI, USB dan lain sebagainya.

Singkatnya, Wireshark merupakan aplikasi yang bisa menjadi pilihan yang tepat untuk pengguna yang ingin menganalisa jaringan secara terperinci. Selain punya banyak fitur, aplikasi ini juga hadir dengan antarmuka yang sederhana dan intuitif.

Catatan Perubahan

3.2.3:

  • Memperbaiki kerentanan wnpa-sec-2020-07 Disector BACapp.
  • Menambahkan (IETF) QUIC Dissector.
  • Memperbaiki masalah daftar pilihan saat mengganti nama profil.
  • Memperbaiki bug Permintaan Sertifikat TLS dengan banyak nama.
  • Memperbaiki tidak tampil frame DATA pada Grafik Aliran TCP > Urutan Waktu (tcptrace).
  • Memperbaiki Salin > Deskripsi yang tidak berfungsi dengan baik untuk semua item hierarki.
  • Memperbaiki masalah yang menyebabkan kegagalan saat mengimpor profil di Windows.
  • Memperbaiki masalah lainnya dan memperbarui dukungan protokol.

Download Wireshark Terbaru

  • Wireshark
  • Nilai:

  • Versi Terbaru:

    3.2.3

  • Publisher:

    Wireshark Foundation

  • Sistem Operasi:

    Windows

  • Kategori Aplikasi:

    Development & IT

  • Lisensi:

    Freeware

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here